//
you're reading...
Kuliner Nusantara

Rahasia Kelezatan Soto

Pada dasarnya rahasia kelezatan sop dan terutama soto terletak pada kaldunya. Penjual soto cenderung tidak ragu menggunakan daging yang berlemak, menambahkan tulang-tulang dan tetelan, lalu merebus kaldu hingga berjam-jam. Hasilnya tentu luar biasa. Tetapi untuk konsumsi rumah tangga, haruskah kita melakukannya?

Jawabannya sederhana: semua berpulang pada keputusan anda sendiri. Bila anda hendak menyiapkan sop atau soto untuk pesta keluarga, tentu anda menginginkan hasil yang paling sempurna. Tapi untuk konsumsi keluarga, beberapa trik berikut ini pasti bermanfaat, apalagi resep ini gratis..!

Kaldu Bubuk

Bila terpaksa, apa boleh buat? namun sejujurnya saja, rasa dan aroma bumbu-bumbu dalam kaldu bubuk yang kini mudah dibeli itu lebih cocok untuk makanan gaya barat.

Menyimpan Kaldu Beku

Di waktu senggang, anda dapat menyiapkan ‘ekstrak’ kaldu, mengemasnya dalam kantong plastik @ 1/4 ltr, serta membekukannya dalam freezer. Kaldu beku ini dapat digunakan kapan saja untuk memperkaya cita rasa sop dan soto. Walaupun nantinya juga menggunakan bahan daging (sapi, ayam, dll) sehingga terbentuk pula kaldu, tapi kuah sop / soto akan menjadi lebih mantap bila ditambah dengan ekstrak kaldu yang khusus anda persiapkan sebelumnya.

Memilih Ayam

Jenis ayam kampung yang tua merupakan pilihan terbaik untuk kuah sop dan soto. Dagingnya yang tentu saja keras, perlu direbus cukup lama sehingga menghasilkan zat ekstrak (sari pati) yang banyak dan gurih. Tambahan tulang-tulang, cakar, dan kepala yang dicincang kasar akan membuat kuah semakin sedap

Memilih Daging

Bagian daging sapi/kambing yang lunak dan berlemak memang sangat ideal. Misalnya sandung lamur/brisket (bagian perut), tulang iga yang masih berdaging, juga tetelan. Tapi bila menghindari

lemak, pilih bagian daging kaki/betis/shank. Meski relatif cukup keras, urat dan otot daging akan menjadi kenyal setelah direbus lama. Sedangkan daging rendang/top side, gandik, atau has dalam, kurang enak untuk sop dan soto.

Menyiapkan Jerohan

Bagi yang suka, jerohan sapi/kambing memiliki kenikmatan tersendiri. Walaupun harus diakui kandungan zat purinnya sangat tinggi, serta merupakan pemicu bagi penderita gout/asam urat. Sekarang ini beberapa jenis jerohan sapi/kambing yang sudah bersih bahkan sudah direbus matang mudah didapat dipasar swalayan. Misalnya paru, kikil, kaki, dan dengkul, babat dan usus. Namun semuanya ini perlu direbus lebih lama supaya lunak. Untuk penyedap rasa dan aroma, tambahkan daun salam dan sepotong jahe yang dimemarkan, ketika merebus. Dan buang sisa air perebus, karena kandungan lemaknya sangat tinggi

Sumber : hastaprima

Lihat juga :

Sate

Seafood

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

September 2010
M T W T F S S
    Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Archives

Twitter Updates

%d bloggers like this: