//
you're reading...
cafe & Resto, Kuliner Nusantara

Hmm..Renyahnya Kepiting Soka Balut Tepung

Olahan seafood berupa kepiting soka yang berbalut tepung tipis dan digoreng renyah ini makin populer saja. Selain rasanya yang gurih enak, cangkangnya yang lembut membuat kita tak perlu repot untuk menikmatinya. Dijamin seporsi saja tak pernah cukup !

Buat mereka penyuka seafood khususnya kepiting pastinya sudah tak asing dengan menu kepiting soka goreng. Ya, jenis kepiting yang satu ini memang berbeda dari kepiting biasanya yang bercangkang keras. Kepiting soka ini memiliki cangkang lunak sehingga sering juga disebut kepiting lunak atau kepiting lemburi.

Untuk memperoleh kepiting soka yang bercangkang lunak ini dilakukan proses budidaya secara khusus. Biasanya kepiting yang dipakai adalah kepiting muda yang masih berukuran kecil dimana kesemua capitnya dan kaki jalannya dipotong. Yang tersisa hanyalah kaki renangnya saja. Nah, kemudian kepiting tersebut dimasukkan dalam keramba dan kemudian dibudidayakan dalam tambak-tambak.

Prosesnya yang cukup rumit dan lama memang membuat harga kepiting soka memang sedikit lebih tinggi dibanding kepiting biasa. Jika biasanya orang enggan mengkonsumsi kepiting karena harus berjuang mendapatkan daging di cangkangnya yang keras, kini tak perlu repot lagi. Kepiting soka cukup populer di Asia dan Eropa sebab bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat, salah satunya adalah Kepiting Soka Goreng.

Kepiting soka biasanya dimasak dengan gandum atau yang paling sederhana hanya dibalut tepung tipis berbumbu sederhana. Kulitnya yang tipis dan lunak membuatnya terasa renyah ketika dinikmati. Pendampingnya hanya berupa cocolan saus sambal, sambal mangga, atau sambal ala thai yang manis pedas. Meskipun begitu hmm… sekali menikmatinya dijamin bakal dibuat ketagihan!

Nah, jika sebelum liburan panjang ini Anda ingin menikmati makan siang istimewa berupa kepiting soka goreng. Berikut resto yang bisa menjadi tujuan siang ini:

Plaza Senayan Lantai 1
(dalam Sogo)
Jl. Asia Afrika No.8
Jakarta

Thai Express
Mal Taman Anggrek Lt. 4
Let. Jend. S. Parman Kav. 21
Jakarta Barat

Hasil Laut Santai Malam 1001
Jl. Boulevard Raya LA4 No. 20-21B
Kelapa Gading

Sumber     : rezim.info
Lihat juga :
marzano
loewy
table8

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

October 2010
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Archives

Twitter Updates

%d bloggers like this: