//
you're reading...
cafe & Resto, Kuliner Nusantara

Daging Cumi Empuk yang Krenyes-Krenyes..

Kalau mengaku penggila seafood, sebaiknya sempatkan mampir ke tempat ini. Bukan hanya sajian seafood yang serba segar dan enak menanti tetapi juga suasana asri. Kebun yang sejuk, udara yang semilir dan iringan petikan gitar bersama penyanyi benar-benar jadi penyejuk hati! Di tengah antrean kemacetan tiba-tiba warna oranye menyala dengan tulisan biru ‘Telaga Seafood’ sangat menggoda. Padahal sudah berpuluh kali saya melintasi resto seafood ini. Akhirnya sayapun memutuskan untuk melepaskan diri dari himpitan kemacetan di resto ini.
Gemericik air mancur dan suasana resto yang sejuk langsung menyergap. Ada dua area santap, ber AC dan non AC. Interior bergaya minimalis dengan warna alami cokelat, oranye memberi suasana hangat yang akrab. Lampion kertas warna-warni yang digantung di langit-langit memberi sentuhan meriah.
Di area belakang terdapat deretan saung lesehan menghadap ke kebun yang dilengkapi dengan air terjun dan ayunan. Hmm… suasana macet dan berisik di jalan raya benar-benar senyap ditelan suara air!
Dari daftar menu sayapun memilih ikan baronang bakar sebagai sajian primadona. Diiringi cumi goreng tepung, udang peci rebus dan tumis kangkung serta sup gurami. Memilih menu dari lembaran menu cukup mudah, karena menua andalan diberi tanda ‘jempol’.
Sup gurami yang mengepul panas dalam hotpot saya nikmati sebagai pembuka. Daging ikannya lembut, tak berbau tanah dengan selingan renyah asam manis potongan nenas di sela-sela irisan cabai hijau dan merah. Kuahnya hanya menebar lamat-lamat aroma bawang putih dan nanas. Segar, ringan pas sebagai pembangkit selera.
Ikan baranong bakar seberat 600 gram tersaji dalam piring oval. Khusus untuk menyantap ikan bakar disediakan condiment; iirsan bawang merah, irisan cabai rawit, saus seafood dan sebotol kecap manis bermerk HT (kecap Tangerang).
Daging ikannya masih lekat terkait pada tulang, lembut kenyal dan gurih. Cocolan pada saus seafood dan sedikit kecap memberi efek lezat. Apalagi saat bertemu dengan sambal mangga dan sambal dadak. Alamak..! Sedap nian!
Perlahan-lahan ketegangan akibat macet menjadi sirna. Tiupan lembut angin malam yang sejuk makin terasa nyaman dengan iringan petikan gitar dan suara grup penyanyi yang mendendangkan lagu-lagu Latin. Acara menyantap seafoodpun makin asyik saja!
Cumi goreng tepung dalam porsi royal juga tak engecewakan. Daging cuminya empuk dengan lapisan adonan tepung yang krenyes-krenyes renyah gurih. Cumi ini makin enak dimakan dengan cocolan sambal seafood yang asam-asam pedas.
Udang peci rebus pun sama dahsyatnya. Udang berukuran sedang berwarna semu oranye cantik. Kepalanya masih lekat tanda bahwa udang sangat segar, saat dikupas dan dikunyah terasa benar udang ini direbus dengan air panas bersuhu tepat. Akibatnya rasanya tetap kenyal, gurih dengan aksen manis khas udang.
Yang kurang memuaskan justru si tumis kangkung terasi yang kurang lunak, terasa liat saat dikunyah. Bisa jadi karena api yang kurang besar atau jenis kangkung yang salah. Sayang sekali porsi yang cukup royal tak mampu saya habiskan.
Perut sudah keburu kenyang padahal di gerai Es Sekoteng pak Oyen Bandung yang ada di sudut resto berbagai es campur sungguh sangat menggoda. Dari es sekoteng, es doger, es durian, es teler hingga es buah. Satu cup es krim mocca bermerk Star dari Australia akhirnya menjadi pembilas yang cantik malam itu.
Bukan hanya perut kenyang tetapi suasana jalan yang sudah lancar membawa perasaan ringan dan nyaman saat pulang. Ternyata, kemacetan tak harus berakhir dengan umpatan dan mati gaya kan? Apalagi harga makanan di resto yang memiliki cabang di Tangerang dan Cibubur ini juga tak terlalu mahal!

Sumber : jalanasik
nelayan restoran, tamani, marzano

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

October 2010
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Archives

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d bloggers like this: