//
you're reading...
Kuliner International

Pengenalan Kuliner Jepang di Jak Japan Matsuri 2010

Makanan Jepang bisa dikatakan menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Terlihat dari banyaknya restoran Jepang yang didatangi oleh konsumen yang berasal Indonesia.

Makanan khas Jepang yang menjadi favorit di Indonesia, seperti sushi, sashimi, udon dan ramen. Selain itu ada juga camilan khas Jepang yang mulai populer di Indonesia, seperti yakitori, takoyaki, okonomiyaki dan kue favorit tokoh kartun Doraemon, dorayaki.

Camilan khas Jepang tersebut dipamerkan dalam acara pengenalan kuliner Jepang, yang merupakan bagian dari acara festival Jepang, Jak Japan Matsuri 2010 di Restoran Basara, Jakarta. Bukan hanya disajikan, pengunjung juga diperlihat bagaimana proses memasaknya belajar langsung untuk membuatnya.

Untuk mengolah Yakitori bahan yang dibutuhkan hanya daging ayam, daun bawang, dan garam atau kecap asin. Jika ingin lebih berminyak, tambahkan saja sedikit lemak ayam dalam tusukan. Sebelum daging ayam dimasukkan dalam tusukan, terlebih dulu dibumbui hanya dengan garam. Lalu, daging ayam dan daun bawang ditusukan secara selang-seling, kemudian di bakar.
Daun bawang dengan ukuran besar yang ditusukkan dan dipanggang akan mengeluarkan aroma yang menggoda dan membuat tambahan rasa pada ayam. Arang yang digunakan untuk membakar yakitori juga bukan arang biasa tetapi arang binchotan. Arang ini digunakan oleh para koki Jepang karena bisa membuat aroma dan rasa makanan yang dipanggang lebih keluar. Arang ini juga membuat makanan yang dipanggang tidak langsung bersentuhan dengan api sehingga tidak gosong dan lebih sehat.

Selain yakitori, diperlihatkan juga cara membuat dorayaki. Cara membuatnya cukup mudah dan tidak jauh berbeda dengan membuat kue panekuk. Tetapi untuk membuat isiannya yaitu ogura atau kacang merah ternyata membutuhkan waktu semalaman. Untuk membuat isiannya, kacang merah dan gula direbus sehari semalam dengan api kecil hingga halus dan hancur.

Ada juga takoyaki yaitu camilan yang terbuat dari terigu dan telur dengan isian gurita dan disajikan dengan saus khas, mayones serta bubuk rumput laut. Lalu, cemilan lainnya adalah okonomiyaki. Adonan dan cara penyajiannya tidak jauh berbeda dengan takoyaki, tetapi dimasak seperti martabak dengan isian sayuran. Rasanya sangat gurih dan lezat.

dikutip dari : Vivanews
sushi tei, table8, tamani

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

October 2010
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Archives

Twitter Updates

%d bloggers like this: