//
you're reading...
cafe & Resto, Kuliner International

Pizza Persegi Panjang atau Pizza Al Taglio

Ini kali pertama saya menulis untuk Tour Kuliner. Perjalanan hidup dan karir membawa Saya menjadi pecinta makanan sekaligus pengelola operasional sebuah restoran dan catering Japanese Food di Jakarta. Yang akan saya bicarakan adalah Pizza dari italia, makanan international yang dikonsumsi dimana-mana seluruh dunia. Di Indonesia , restoran  sudah merajalela ditambah lagi beberapa restoran pizza lain yang menjamur di kota-kota besar di Indonesia. Penggemar pizza di Jakarta, khususnya sudah mengalami berbagai jenis pizza mulai dari Pizza yang thick ala Pizza Hut hingga Thin crust ala Izzi Pizza. Keduanya berbentuk bulat sesuai dengan bentuk loyangnya yang dipanggang diatas oven bersuhu tinggi.
Nah,hari Sabtu lalu saya berbuka puasa di MKG 3 , Jakarta, tepatnya ex gerai Cinnzeo yang berubah konsep menjadi Threelicious (3 franchise dalam satu atap: TiAMo Pizza, Cinnzeo, Hot SHot Burger).Saya menyukai adonan pizza TiAmo, namun kali ini sedikit surprise karena TiAmo disana menyajikan Pizza kotak persegi panjang. Orang Italia menyebutnya Pizza Al Taglio. Dalam literature yang dipajang di dinding restoran disebutkan bahwa adonan Pizza Al Taglio ini dibuat di Vicalvi, kota kecil di Lazio Italia, khusus untuk TiAmo. Apa yang spesial ya dari adonan ini? disebutkan adonan ini berongga udara dan manis rasanya.
Beberapa saat kemudian datanglah Pizza Al Taglio dengan topping smoke salmon. Saya perhatikan bahwa konturnya berbeda dengan pizza sejenis di Restoran Italia Trattoria. Konturnya tidak rata tapi semakin tebal setiap centi-nya.
Saatnya disantap dan butuh waktu untuk merasakan taste-nya. Kekenyalan adonan baik sekali bahkan di bagian tertipis masih terasa kekenyalan diantara bunyi crisp.Satu comotan patahan membuat cepat kenyang, mungkin dikarenakan adonan wheat durum semolina yang dipakai.Say akira dari sinilah rasa manis itu berasal. Toping enak tidak mengecewakan apalagi smoke salmon sangat berasa aromanya, sedap sekali. Ini lah era pizza baru : kotak dan mengenyangkan. Apakah ini bisa jadi trend Pizza di Indonesia? butuh adaptasi budaya yang kuat bila kita lihat antrian Pizza Hut dimana-mana. (gbr diambil dari WIKIPEDIA).
Lihat juga : marzano,

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

October 2010
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Archives

Twitter Updates

%d bloggers like this: