//
you're reading...
Kuliner International

Mengenal Bumbu-Bumbu Negeri Matahari Terbit

Maraknya restoran yang menghidangkan masakan Jepang, seringkali membuat kita bingung untuk menterjemahkan nama-nama menu yang tersedia. Berikut beberapa istilah dari bumbu Negeri Matahati Terbit itu yang sering kita temui dalam daftar menu.

Dashi

Kaldu dasar untuk semua makanan Jepang. Dibuat dari sari kambu dan katsuabushi yang dimasukkan ke dalam air mendidih dan disaring setelah katsuabushi mengendap dalam air rebusan. Dashi juga serig dibuat dari sari bahan makanan lain.

Miso

Olahan pasta dari kedelai yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Diolah dari fermentasi kedelai, garam, dan koji. Koji merupakan fermentasi biji-bijian seperti beras, barley, dan kacang kedelai. Dibutuhkan waktu sekitar 10-12 bulan sebelum miso siap dipakai.

Mirin

Bumbu dapur berupa minuman beralkohol berwarna kuning dengan rasa manis. Kandungan gulanya 40-50%, dan alkohol sekitar 14%. Diolah dengan cara merebus kecap asin dan dashi. Kandungan alkoholnya dapat menghilangkan rasa amis pada ikan, sedangkan tambahan gula membuat makanan lebih manis, mengkilat dan harum.

Katsuabushi

Makanan awetan dari ikan cakalang atau ikan boniot. Ikan itu diserut untuk diambil kaldunya yang merupakan bahan dasar pembuatan sup, ditaburkan di atas makanan sebagai penyedap rasa, atau dimakan sebagai teman makan nasi. Dibuat dengan diasap atau dikapang untuk menumbuhkan berbagai jenis kapang di bagian permukaan.

Kambu

Gangang laut atau rumput laut yang dipakai sebagai bahan dasar kaldu. Dimasak bersama sayur-sayuran dan daging, atau diproses menjadi lauk teman makan nasi. Dijual dalam bentuk kering lembaran dengan ukuran yang berbeda-beda.

Kambu adalah makanan kesehatan yang kaya serat, zat besi, kalsium, dan yodium.

Nori

Lembaran rumput laut yang dikeringkan, digunakan sebagai hiasan dari penyedap berbagai macam hidangan. Bisa juga dikonsumsi sebagai teman makan nasi atau makanan ringan. Lembaran nori berkualitas tinggi biasanya berwarna hitam kehijauan, sedangkan nori berkualitas rendah berwarna hijau hingga hijau muda.

Jepang, Cina dan Korea merupakan produsen nori terbesar di dunia.

Wakame

Bahan makanan yang dihasilkan dari rumput laut. Biasanya digunakan dalam olahan sup miso atau salad.

Sementara itu, di kawasan EX Entertainment, jangan lewatkan untuk mampir di restoran Jepang Beppu. Di sini Agadashi Tofu sangat menggiurkan untuk dicicipi. Dengan kuah yang mengandung dashi dan miso itu kulit yang melapisi tahu Jepang tersebut sangat halus dan rasanya sangat gurih.

Selain itu, silakan cicipi juga teriyaki yakiniku. Sajian berupa olahan daging ayam yang dibuat sedemikian rupa dengan bumbu tertentu dan disajikan setelah digoreng. Rasanya juga sangat gurih dan dimakan dengan nasi yang mengandung aroma wangi sehingga membuat perut terasa lapar.

Teh Jepang juga merupakan salah satu minuman andalan di Beppu. Karena itu, setelah mengetahui bumbu dari Jepang tersebut, silakan datang ke restorannya.

* jalanasik
table8, sushi tei, burger

a

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

October 2010
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Archives

Twitter Updates

%d bloggers like this: