//
you're reading...
Kuliner Nusantara

Kangkung Crispy Saus Thai, Kriuk..!

Jakarta – Jika biasanya kangkung berakhir sebagai plecing, di resto yang satu ini kangkung hadir sebagai sajian yang sedikit unik dan berbeda. Rasanya yang krenyes renyah cocok berpadu dengan semangkok nasi putih. Ditambah kelembutan sapi lada hitam yang empuk hmm… rasanya makin lezat saja!
Letak Puput Restaurant terbilang cukup strategis yaitu di lantai 1, Setiabudi Building One. Pas berada di tengah-tengah pusat perkantoran Jakarta. Konon Puput Restaurant sudah berdiri lebih dari 10 tahun lalu dan merupakan salah satu penghuni ‘lama’ di gedung ini.
Puput menyajikan beragam menu Chinese food ‘no pork’ mulai dari ayam, sapi, sayuran, aneka nasi, dan seafood. Salah satu menu unik dan istimewa di Puput adalah Kangkung Crispy Saus Thai yang kriuk enak. Pastinya menu yang satu ini tak pernah saya lewatkan jika berkunjung ke Puput.
Seperti biasa Puput selalu diserbu oleh pekerja kantoran yang hendak makan siang. Maklum restoran ini juga tak terlalu luas sehingga tempatnya cukup terbatas. Tapi untunglah kami datang agak awal sehingga masih kebagian tempat di salah satu sudut. Pilihan makan siang kali itu adalah Kangkung Crispy Saus Thai, Sapi lada hitam dan Tahu Hotplate Saos Sichuan.
Kangkung Crispy Saus Thai disajikan dalam piring putih oval. Hidangan ini terdiri dari kangkung yang dibalut tepung tipis dan digoreng kering renyah. Diatasnya dikucuri saus kental Thai yang berwarna kemerahan bercampur gerusan cabai. Hmm… rasanya kriuk-kriuk garing dengan sensasi manis pedas. Huah… huahh puedes enak!
Sapi lada hitam berwarna cokelat nyaris kehitaman, dipotong dadu dengan pelengkap daun bawang dan selada. Daging sapinya kenyal empuk berbalut manisnya kecap dan lada hitam. Dimakan begitu saja dengan teman semangkok nasi hangat buat saya ini sudah merupakan hidangan yang cukup mengenyangkan.
Kontras dengan rasa daging yang kenyal-kenyal lembut, Tahu Hotplate Saos Sichuan memakai tahu sutera Jepang yang super lembut. Tahu ini diiris-iris tak terlalu tipis dengan campuran udang, jamur kuping, wortel, bawang bombay dan daun bawang plus saus Szechuan yang manis-manis pedas. Karena memakai hot plate maka hidangan ini tetap hangat hingga suapan terakhir.
Seporsi Kangkung Crispy dihargai Rp 24.000,00, Sapi lada hitam Rp 31.000,00 dan Rp 27.000,00 untuk Tahu Hotplate. Tidak terlalu mahal bukan? Apalagi jika dinikmati beramai-ramai saat makan siang pastinya harganya dijamin lebih terjangkau kantong. Ditambah penyajiannya yang tergolong cepat dengan rasa yang tak mengecewakan resto ini bisa jadi salah satu pilihan untuk bersantap siang.
* detikfood
Lihat juga : marzano, pizza hut, sandwich

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

November 2010
M T W T F S S
« Oct   Dec »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Archives

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d bloggers like this: